Apa itu digital marketing? Strategi penjualan yang bisa melejitkan omset usaha anda.

Posted on

Apa itu digital marketing? Pernahkah anda berpikir bahwa berjualan produk secara offline dan online memiliki banyak perbedaan yang mendasar. Selain memiliki perbedaan dalam hal modal dan beban operasional, berjualan offline dan online membutuhkan strategi yang berbeda dalam pemasaran atau marketing.

Pada kebanyakan pengalaman, biasanya berjualan secara offline dengan membuka kios,warung atau menyewa sebuah ruko biasanya akan membuat banyak modal yang dibutuhkan dan membutuhkan strategi pemasaran yang benar benar tertarget dengan sistem tatap muka seperti beriklan di koran, brosur hingga door to door.

Sementara pada umumnya mereka yang berjualan secara online membutuhkan modal sedikit, mampu memanage pemasaran dengan lebih efektif dan tidak membutuhkan beban operasional yang terlalu besar. Akan tetapi tidak semua bisnis online semulus yang diimajinasikan. Bisnis online justru persaingannya akan lebih banyak dan mempunyai banyak kekurangan dibandingkan dengan bisnis offline atau konvensional.

Lalu bagaimana sistem bisnis yang bagus? Maka dengan menggabungkan keduanya dengan strategi digital marketing. Penggabungan bisnis offline dengan online bisa dimodifikasi dengan membuka ruko, warung atau tempat usaha sekaligus membuka lapak di media online seperti facebook, instagram atau website.

Sementara jika anda sudah mempunyai bisnis online dari rumah, maka anda tinggal membuat spanduk atau banner yang menunjukkan bahwa rumah anda menjadi homebase bisnis offline dari produk yang anda perdagangkan. Lalu dimana posisi digital marketing? Posisi digital marketing berada di tengah tengahnya.

Sebelum masuk lebih jauh membahas apa itu digital marketing, anda setidaknya sudah familiar dengan iklan iklan klasik yang bersliweran di website website berita yang anda baca bukan? Misalnya saat anda buka kompas.com atau detik.com lalu pernah membaca iklan mengenai rumah makan, iklan mengenai produk teh, produk pembersih pakaian atau bahkan iklan yang bersifat tulisan (iklan baris kecil atau iklan liputan), nah itu adalah contoh kecil dari apa yang dinamakan dengan digital marketing.

Baca Juga:  Kenali Google Ads Express Sebagai Sarana Berbisnis

Lalu apa itu digital marketing? Digital marketing adalah proses pemasaran, kreasi atau penyampaian konten di dunia internet dengan proses kreatif yang bisa mendukung keberlangsungan bisnis, produk hingga layanan jasa yang anda berikan.

Pada tingkatan yang lebih sederhana, belajar digital marketing itu sangat mudah sekali. Pola pembelajaran digital marketing sudah ada di pola bisnis offline (konvensional), semisal saat anda pasang iklan baris di media cetak, biasanya anda diberikan slot satu hari tayang dengan iklan baris berjumlah tiga baris dengan maksimal 50 karakter, nah ini adalah pola digital marketing paling sederhana.

Digital marketing sederhana adalah mampu memetakan seberapa efektif pemasaran anda bisa berujung pada pembelian produk yang anda jual. Jadi jika anda memasang iklan baris yang dihubungkan kepada website anda, seberapa banyak kunjungan kepada website anda mampu mendulang pundi pundi rupiah.

Digital marketing adalah proses pemasaran kreatif yang melibatkan serangkaian teknologi informasi untuk menggiring konsumen dapat membeli produk-produk atau layanan jasa yang kita tawarkan kepada masyarakat luas, selain itu digital marketing juga bukan hanya untuk pemasaran produk dan jasa semata, bahkan digital marketing juga bisa untuk membranding (membesarkan) seorang public figur, membesarkan sebuah daerah lokasi wisata, membesarkan sebuah institusi agar dikenal masyarakat dengan tujuan menciptakan citra positif.

Digital marketing adalah fondasi dasar untuk berbicara soal merek, citra, branding hingga proses pemasaran komersial yang sedang menjadi trend di dunia e-commerce, dunia usaha kecil dan menengah dan bahkan dunia usaha konvensional pun berusaha untuk tidak tertinggal dalam bermain di lini digital marketing.

Pada bagian tengah hingga terakhir ini akan membahas secara sederhana pola pola digital marketing yang bisa dimainkan ketika anda mempunyai bisnis dalam betuk apapun, baik mempunyai produk, layanan jasa ataupun hanya bisnis berbentuk reseller dan dropshipper.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video Vlogger Paling Direkomendasikan

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang biasanya menggabungkan pola manajemen dengan strategi samudera merah dan samudera biru. Pada pemasaran samudera merah, maka produk yang dijual harus secara spesifik mungkin mampu bersaing dengan produk lawannya.

Sementara pada produk yang didigital marketing dalam samudera biru, harus bisa menjadi kolaborasi dengan produk lain, itulah mengapa dalam beberapa strategi digital marketing sering ditemui bundling dengan produk lain. Kini dalam era industri 4.0, era samudera biru adalah era yang paling banyak digunakan karena akan membuat peningkatan omzet usaha kita dengan cepat.

Belajar digital marketing sederhana dapat dimulai dengan membuat website usaha anda. Misalnya anda mempunyai kafe kopi bernama “Semarang Coffe”, maka buatlah logo dan merek terbaik berbentuk gambar yang bisa menjadi pengigat bagi orang lain saat akan berkunjung ke kafe anda.

Desain logo yang menarik akan membuat strategi digital marketing anda semakin mudah. Anda bisa membuat logo sendiri, kemudian dicetak dan dijadikan merek kafe anda. Baru kemudian buatlah media sosial mengenai kafe anda, buatlah minimal di instagram dengan foto foto ciamik mengenai kafe anda.

Uploadlah minimal dua hari sekali foto foto terbaik terkait dengan kafe anda, misal foto seorang pengunjung saat membaca, foto pengunjung saat diskusi disertai latar belakang buku buku yang mencerminkan kesan intelektualitas.
Setiap postingan yang anda upload harus disertai caption yang menarik dan gunakanlah hastag agar mampu ditelusuri oleh publik. Buatla hastag yang familiar dan dekat kemungkinan ramai di cari, misalnya #kopikafe #kafesemarang atau #nongkrongasiksemarang dan beragam hastag yang sedang populer #ngopiduluyuk dll.

Fungsi hastag ini akan secara otomatis membuat jejaring media sosial anda (terutama di dinstagram dan website) mudah terindeks oleh logaritma pencarian instagram dan sistem pengindeksasian google. Selain instagram, website juga bagian penting dari digital marketing karena dengan website yang informatif akan memudahkan orang orang mencari kafe anda untuk mengetahui fasilitas yang ditawarkan dan juga menu yang anda punya.

Baca Juga:  Bingung buat logo? Gunakan 3 Aplikasi Pembuat Logo Secara Online

Pengembangan sederhana dari konsep digital marketing instagram dan website dari kafe anda bisa dimasukkan ke dalam jenis iklan berbayar untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Semisal anda ingin kafe anda semakin dikenal oleh mahasiswa mahasiswa di seputar semarang.

Maka anda bisa beriklan di instagram dan google ads dengan sistem tertarget seperti bisa muncul di media sosial anak anak mahasiswa dengan label profil mereka di unnes, undip dan kampus kampus besar di semarang. Maka ketika para mahasiswa tersebut mengakses instagram, mereka akan menemukan iklan iklan anda dan ketika mereka meng-klik iklan anda, lalu mencari info tentang kafe anda. Besar kemungkinan mereka akan menjadi konsumen anda.

Nah, itu beberapa strategi sederhana dalam belajar digital marketing, pada proses belajar yang lebih mahir lagi anda nantinya akan menemukan sistem strategi tanpa harus beriklan mengeluarkan uang, anda bisa mendulang rupiah hanya dengan memanfaatkan sistem logaritma media sosial dan juga memperbesar pasar sasaran dengan strategi strategi yang cukup murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *